Selasa, 07 September 2010

Robot Pengiring Orang Buta

  Saat ini dunia semakin maju. Perkembangan teknologi trus berkembang, seperti infrastruktur dan teknologi digital. Namun, sebagian dari manusia tidak dapat menikmati semua itu secara utuh karena mereka terhalang oleh penglihatan yang tidak baik atau dengan kata lain, orang tersebut buta. Banyak hal yang mereka tidak dapat lakukan karena keterbatasannya ini sehingga mereka seperti terasingkan dari kehidupan dunia yang gemerlap ini. Dengan alasan inilah, dibuat sebuah robot yang dapat membantu orang tersebut untuk mendapatkan penglihatannya kembali.

                Robot ini akan di tanamkan di bagian mata orang tersebut. Fungsi utamanya hampir sama dengan mata. Robot ini dilengkapi dengan sensor dan kamera yang akan bekerja seperti mata. Gambar yang diperoleh dari kamera tersebut kemudian akan di transfer ke otak melalui gelombang-gelombang elektromagnetik ke syaraf sehingga otak dapat mengerti apa yang dilihat oleh kamera robot tersebut.

                Hampir sebagian besar orang yang menderita gangguan penglihatan adalah orang yang tidak mampu atau yang memiliki kemampuan ekonomi menengah ke bawah. Oleh karena itu, alat ini akan dirancang agar dapat di produksi dengan harga yang murah sehingga orang-orang yang tidak mampu dapat memilikinya.

Posted by
Akhmad Dainuri
132 09 033

Tidak ada komentar:

Posting Komentar