Kamis, 19 Agustus 2010

Air Guitar



Pasti juragan pernah melihat orang-orang yang bergaya seperti bermain gitar , tapi tanpa gitar ditangannya.. Nah, itulah yang disebut dengan "air guitar". Mungkin karena kecintaannya terhadap alat musik yang satu ini, orang-orang banyak yang "berpura-pura" memainkannya di setiap tempat, mulai dari halte bis, mini market, bahkan sampai toilet umum. Bahkan, karena gaya air guitar ini sangat terkenal, perlombaannya pun pernah diadakan (ini linknya kalo ga percaya : http ://www.airguitarworldchampionships.com/ *no jebakan betmen)
Alangkah enaknya dan alangkah asyiknya jika kita melakukan gaya air guitar ini dan menghasilkan suara sesuai dengan nada-nada pada dawai-dawai gitar. Atau gitar tersebut berbentuk seperti hologram dan kita dapat memainkannya.
Jadi begini ceritanya. Cara pertama , Setiap jari dari tangan kita diberi sensor agar gerakan yang kita lakukan dapat dideteksi oleh sebuah alat (alat yang satu ini masih abstrak). Kemudian sinyal yang dikirimkan oleh sensor mengakses sebuah database dari suara-suara yang sesuai dengan pergerakan tangan. Setelah ditemukan nada yang sesuai, barulah nada atau suara tersebut dikeluarkan kembali dari gelombang digital menjadi gelombang akustik melalui headset ataupun speaker. Cara kedua , sebuah alat dipakai dipergelangan tangan yang kemudian memancarkan suatu sinar hologram sehingga terlihat bentuk gitar yang kemudian dapat kita mainkan. Caranya hampir sama seperti yang pertama, namun disini gitar tersebut terlihat lebih nyata.

(sumber gambar : http://www.virginmedia.com/images/roar-gal-air_guitar.jpg)

Muhammad Abduh

13209032

Tidak ada komentar:

Posting Komentar