Jumat, 20 Agustus 2010

Harpa Laser

Harpa adalah alat musik berukuran besar yang terdiri dari banyak senar dan senar-senar tersebut bla dipetik dapat menghasilkan nada yang berbeda-beda. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara memetik senar-senar tersebut sehingga membentuk serangkaian nada yang melantun dengan indah.

Melalui suatu brain storming maka telah muncul suatu ide untuk menggantikan senar-senar yang ada pada harpa dengan suatu laser pointer. Jika salah satu laser yang menggantikan senar tersebut diberikan sedikit sentuhan maka laser akan memberitahu mikro bahwa ada laser yang terlalui. Masing-masing laser di sini memiliki nadanya masing-masing sama seperti senar dan tugas dari mikro adalah menentukan nada yang mana yang harus di 'bunyi' kan pada saat salah satu senar tersebut ada yang telewati.



Tidak hanya mengeluarkan bunyi yang monoton, tapi teknologi ini juga dapat ditambahkan dengan variasi-variasi. Misalnya dengan penggabungan beberapa nada akan membentuk suatu suara yang lama-kelamaan mengecil dan akhirnya hilang. Suara seperti ini biasa disebut dengan sustain.

Ilman Sulaeman
18009001
TEKNIK TENAGA LISTRIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar