Selasa, 24 Agustus 2010

Masa Depan dengan Segala Kemudahan



Masa depan adalah hal yang menakjubkan, kita tidak pernah bisa memastikan hal apa saja yang akan terjadi disana. Jika berbicara tentang teknologi, tentu saat ini teknologi di dunia sudah sangat jauh berkembang dibandingkan beberapa dekade terakhir. Dan satu dekade berikutnya tentu akan ada banyak sekali kejutan.

Saya membayangkan masyarakat yang dapat menggunakan segala kemudahan dalam beraktifitas. Misalnya dengan adanya robot-robot otomatis di rumah-rumah yang membantu setiap pekerjaan. Dalam bidang transportasi, akan ada teleport yang bisa membuat kita berpindah tempat dalam waktu singkat. Di bidang telekomunikasi, jangan ditanya saat ini saja perkembangannya sudah sangat cepat, mungkin saja di masa depan nanti kita tidak memelukan device untuk berkomunikasi jarak jauh, tapi cukup menggunakan alat yang ditanam di tubuh. Di bidang penyediaan energi, di setiap atap rumah dan gedung akan ada panel surya, sehingga kebutuhan listrik dapat dipenuhi secara mandiri. Di bidang nutrisi dan kesehatan, akan ada makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi, serta mudah dicerna oleh tubuh.

Tentu saja masih banyak teknologi –teknologi di bidang lain yang akan terus berkembang. Namun, saya pikir segalanya akan menjadi lebih baik jika kita back to nature, artinya segala sesuatu yang kita ciptakan dapat bersinergi dengan alam dan lingkungan (misalnya Eco-design). Segala hal yang saya ceritakan diatas diatas hanyalah imajinasi belaka, walaupun beberapa ada yang memang sedang dikembangkan. Hal yang perlu dicatat adalah bahwa teknologi ada bukan untuk memberi kebahagiaan, tapi untuk memberi kemudahan.


by: Achmad Arbi
18009017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar