Minggu, 22 Agustus 2010

Tengok India : Teknologi Atap Rumah Sebagai Penghasil Listrik

India luar biasa, setidaknya kata itu patut kita ucapkan dan tidak ada salahnya bila kita belajar dari apa yang telah mereka lakukan. Dengan sumber daya panas matahari yang melimpah India meluncurkan teknologi terbarunya di bidang kelistrikan, yakni atap rumah sebagai penghasil listrik. Bahkan pemerintah India saat ini tengah intens berdiskusi dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT) di AS guna mendapatkan lisensi untuk menggunakan purwarupa atap penyimpan energi berkapasitas 1 Megawatt.

Kementrian Bidang Energi India telah mengajukan proposal kerjasama dengan MIT dibawah pengawasan Indo-US Science and Technology Forum untuk mengembangkan prototip baterai penyimpan energi, dan menjadikannya produk komersil yang bisa memenuhi kebutuhan energi di India.

Cara kerjanya pun tak begitu rumit, dengan memanfaatkan panel matahari, sebuah atap yang berfungsi sebagai baterai penyimpan energi akan mengubah cahaya matahari menjadi listrik hingga 1 MW dan menyimpannya. Energi yang tersimpan pada atap ini menjadi pasokan energi yang bisa memberikan daya bagi satu desa atau wilayah kota kecil. "Menjadi negara tropis dengan matahari yang bersinar cerah selama 10 bulan setiap tahunnya adalah modal dasar bagi India. Kondisi ini cocok bila didukung dengan teknologi baterai penyimpanan energi seperti ini," tandas Brahma.

Oke Indonesia, Kapan kita berinovasi seperti mereka???


Nama : Joko Tri Wasono
NIM : 18009023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar