Sabtu, 21 Agustus 2010

Mobil Masa Depan : Hemat Bahan Bakar, Waktu, Biaya, dan Tenaga :)




Waktu kecil saya pernah bermimpi, bahwa suatu hari di dunia ini akan ada mobil yang sangat canggih. Mobil ini akan sangat ramah lingkungan dan hemat bahan bakar bahkan yang kita perlukan hanya bahan bakar yang ditransformasikan dari sinar dan panas matahari. Teknologi ini jelas sudah ada dan sedang dikembangkan dengan pesat. Mobil ini bisa membaca letak sekaligus memberi tahu arah tujuan kita dengan rute tercepat dan minim kemacetan. Ini pun sudah menjadi bagian dari teknologi GPS yang sudah marak digunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya penyedia jasa layanan trasportasi. Mimpi saya memang sedikit demi sedikit telah terwujud satu persatu. Tapi masih ada beberapa hal lagi yang menjadi bagian dari mobil impian saya, yaitu cara pengendaraannya. Kita tidak perlu bersusah payah mengambil kursus kemudi atau tahu bagaimana caranya mengemudi. Cukup dengan menggunakan kata-kata, mobil ini dapat menerjemahkannya menjadi sebuat tujuan yang langsung ditujunya secara otomatis. Kita hanya perlu mengatakan tujuan, kemudian sensor yang terdapat dalam mobil ini membaca dan menerjemahkannya.Apabila ada kemacetan yang terjadi di darat, maka mobil ini bisa melayang (diatas tanah tetapi jauh dibawah pesawat) untuk menhindari dan mengurangi kemacetan. Agar tidak menimbulkan huru-hara karena sistem pengoperasiannya yang otomatis, mobil ini dilengkapi juga dengan sistem digital untuk mengatur lalu lintas antara satu mobil dengan mobil yang lain. Bayangkan berapa banyak waktu dan tenaga yang dapat kita hemat apabila teknologi ini terwujud. Mimpi ini saya miliki saat saya berumur 6 tahun, yang pastinya ketika saya katakan kepada kedua orang tua saya, mereka hanya tertawa dan berkata mimpi saya terlalu muluk. Tapi lihat saja teknologi yang ada sekarang, bahkan dalam waktu kurang dari 20 tahun mimpi ini sudah dapat terwujud sedikit demi sedikit. Saya yakin nantinya pada tahun 2015 insya Allah (kalau belum kiamat di tahun 2012) sistem mobil seperti ini sudah ditemukan dan mulai dikembangkan (amin). Dan semoga saja yang menemukan sekaligus mengembangkannya adalah mahasiswa elektroteknik (terutama 2009) yang terinspirasi ide saya ini (amin lagi).


Diah Koesuma Wardhani

18109027

1 komentar: