Jumat, 20 Agustus 2010

SEPEDA MOTOR BERBASIS KOMPUTER

Kita sering sekali mendengar berita tentang kecelakaan yang terjadi pada sepeda motor, kebanyakan disebabkan oleh terpeleset, oleng, mengemudikannya terlalu kencang, kondisi sepeda motor yang kurang layak jalan. Karena kebanyakan disebabkan oleh human error, untuk meminimalisir kecelakaan, kita dapat memasang komputer yang dapat menggantikan manusia dalam proses pemeliharaan serta penggunaan sepeda motornya.

Disini, semua bagian dari sepeda motor, mulai dari ban, hingga bagian yang kecil,misalnya baut atau mur, dipasangi suatu perangkat dimana perangkat tersebut berfungsi “melaporkan” kondisi bagian tempat dipasangnya kepada suatu processor yang terdapat didalam sepeda motor. Kemudian, processor mengolah dan mengecek kondisi sepeda motor berdasarkan data-data yang dikirimkan oleh perangkat-perangkat tersebut. Setelah mengolah data-data tersebut, hasilnya dilaporkan ke pemilik sepeda motor sebagai informasi.

Saat dikemudikan, semua perangkat mengecek kondisi serta kegiatan yang dilakukan oleh bagian sepeda motor yang dipasanginya. Saat kecepatan terlalu tinggi, misalnya, perangkat dari ban mengirimkan data kepada processor untuk diberitahukan ke pengemudi agar mengurangi kecepatan sepeda motornya, apabila dalam selang waktu tertentu, pengemudi tidak menurunkan kecepatannya, sepeda motor akan mengurangi kecepatannya sendiri melalui aktuator.

Bagan aliran proses dapat dilihat pada gambar disamping.
(minta maaf, ini hanya ide saya, jadi saya tak punya gambar yang keren)

Mohammad Zainul Alimin - 13209120

Tidak ada komentar:

Posting Komentar