Sabtu, 28 Agustus 2010

Pembangkit Listrik Bertenaga Angin Masa Depan

Kalau kita mendengar kata turbin angin, yang pertama kali terbayang di dalam benak kita pasti sebuah turbin angin yang memiliki tiga baling. Sekarang sudah saatnya gambaran itu diganti karena turbin ultra efisien masa depan rancangan Profesor Yuji Ohya dari Universitas Kyushu ini benar-benar berbeda.

Ohya dan timnya baru-baru ini memperkenalkan Wind Lens, bangunan yang mirip sarang lebah yang meningkatkan tiga kali jumlah energi angin yang bisa dihasilkan oleh turbin lepas pantai.

Wind Lens diperkenalkan bulan ini dalam Yokohama Renewable Energy International Exhibition 2010. Cara kerja turbin angin ini mirip dengan kaca pembesar yang memperkuat cahaya dari matahari - kecuali dalam kasus ini, lensa ini memperkuat aliran angin. Desain Ohya tidak memiliki banyak bagian yang bergerak - yang ada hanya sebuah bundaran besar yang memperbesar tenaga angin dan sebuah turbin yang diputar oleh angin yang ditangkap oleh bundaran itu. Setiap lensa yang berdiameter 112 meter ini mampu menghasilkan energi dua-tiga kali lipat lebih besar dari turbin angin biasa dan pada saat yang bersamaan juga mampu mengurangi polusi suara dan meningkatkan keamanan.

Ohya tidak tahu jika apakah lensa ini akan diproduksi secara komersil, tapi turbin hasil rancangannya bisa memberikan alternatif yang lebih menarik secara estetika daripada turbin lepas pantai.

Rizza Adya Ruspaputra
18009029

Tidak ada komentar:

Posting Komentar