Jumat, 20 Agustus 2010

TEMPAT SAMPAH PINTAR

Salah satu permasalahan yang kita alami saat ini berkaitan dengan sampah-sampah yang semakin tak terkendali. Selain sangat mengganggu dan mengotori lingkungan, hal ini juga memiliki dampak yang lebih besar seperti timbulnya wabah penyakit serta banjir. Meskipun dampaknya baru cukup terlihat di kota-kota besar, untuk masa mendatang daerah-daerah lain pun dapat terjebak dalam permasalahan yang sama karena pertumbuhan jumlah sampah dapat dikatakan sejalan dengan pertambahan penduduk serta perkembangan zaman. Selain kurangnya kesadaran moral, saya melihat salah satu penyebab permasalahan ini ialah pada sistem penanganan sampah. Oleh karena itu, dengan adanya TEMPAT SAMPAH PINTAR ini saya berharap penanganan sampah akan lebih baik.

Fungsi utama dari TEMPAT SAMPAH PINTAR ini sendiri ialah sebagai tempat pembuangan akhir sampah pada rumah-rumah, gedung, atau kawasan besar lainnya yang dapat menangani sampahnya secara mandiri, yaitu dengan memilah sampah sesuai penanganannya dan segera memproses masing-masing sampah. Mengapa harus segera diproses? Hal ini dikarenakan terkadang lingkungan sekitar tempat sampah menjadi sangat kotor karena tempat sampah yang terlalu penuh sehingga banyak sampah berserakan di sekitarnya. Selain itu hal ini juga akan sangat mempermudah dan memperbaiki proses penanganan serta pendaurulangan secara keseluruhan.

Bentuk tempat sampah ini sendiri akan cukup besar, dan mungkin seperti tempat pembakar sampah yang menempel di dinding. Agar tidak mengganggu, tempat sampah ini dapat dibuat di luar rumah, gedung, dan di pinggir jalan raya untuk umum. Setelah dimasukkan ke TEMPAT SAMPAH PINTAR ini, sampah akan masuk ke bagian yang dapat memilah sampah sesuai jenisnya. Inilah yang membuat alat ini pintar, karena di dalamnya terdapat alat yang dapat mendeteksi unsur dan senyawa pembentuk sampah sehingga bisa menentukan jenisnya, Setelah itu akan dipisahkan menurut kategorinya dan diproses masing-masing. Setelah semua proses ini selesai, baru truk sampah akan mengambilnya, menyatukan semuanya dan diproses lebih lanjut di TPA.

Galih Gilang
13209078

Tidak ada komentar:

Posting Komentar