Kamis, 19 Agustus 2010

Dynamic T-Shirt

Baju yang kita pakai sehari-hari biasanya memiliki gambar,sablon atau sentuhan grafis lainnya yang membuat baju tersebut menarik dan enak dipandang, terkadang dalam sentuhan grafis tersebut terdapat hal yang ingin disampaikan ke publik, entah iklan, joke, juga identitas si pemakai baju tersebut.

Menyentuh abad ke 21 ini, istilah 'motion graphics' semakin populer, implementasinya-pun bisa kita lihat pada iklan2 di TV maupun di media internet, 'motion graphics' sendiri mampu menyampaikan sesuatu lebih efektif, bahkan metodenya juga semakin interaktif, karena mampu menyampaikan sebuah pesan, ajakan, promosi dll secara realtime dan dinamis. Apalagi saat ini software pendukungnya semakin canggih dan kaya akan fitur2 bagus. tetapi saat ini media penyampaiannya masih terbatas pada teknologi monitor. Sejak CRT pertama kali ditemukan, perkembangan 'motion grphics' bertumbuh pesat. Hingga kini telah ditemukan teknologi LCD bahkan sudah 3D!, tetapi di masa depan 'motion graphics' tidak hanya sebatas melalui monitor, tetapi sudah mampu di implementasikan dalam pakaian. Diamana bahan pakaian tersebut mampu memanipulasi susunan warnanya dan mampu menghasilkan gerakan dan animasi, saat ini teknologi seperti itu belum di temukan, tetapi monitor yang mampu di lipat maupun di gulung sudah ada, dengan metode tinta digital yang mampu memanipulasi susunan pigmen warnanya.

Dynamic T-Shirt, bukanlah baju biasa, karena didalamnya terdapat chip grafis, dan interface yang menghubungkannya dengan PC, sehingga desain grafisnya pun dapat berubah2 sesuai mood si pemakai, Bahan kaos terbuat dari kain yang lentur, tetapi kuat dan telah disisipi tinta digital, yang mampu memanipulasi pigmen warna kain tersebut, struktur kain tersebut berupa puzzle hexagonal, berbeda dengan monitor yang menggunakan piksel, tenaga untuk kerja chip berasal dari panel2 hexagonal tadi yang mampu bekerja sebagai panel surya.

Dunia akan semakin dinamis jika tshirt statis biasa, telah di gantikan dynamic T-Shirt!

Muhammad Hasan
13209115

Tidak ada komentar:

Posting Komentar