Kamis, 19 Agustus 2010

Aroma Digital

Aroma Digital

Bisakah anda membayangkan dunia tanpa aroma? Coba pikirkan tentang banyaknya aroma-aroma yang ada yang mungkin tidak akan bisa kita nikmati, seperti kue, bunga, ataupun aroma hujan. Aroma menambah warna pada hidup kita. Tentu saja, tanpa adanya aroma, tentu tidak ada juga rasa, karena indera kita hampir sepenuhnya bergantung pada indera penciuman kita. Pada masa ini, belum ada aroma yang bisa diedarkan melalui perantara internet, tetapi ini akan segera berubah. Kita akan mampu menginteraksikan indera penciuman kita dalam pengalaman kita menjelajah dunia maya, tidak lagi hanya menggunakan mata dan telinga kita

iSmell Personal Scent Synthesizer


Di Oakland, Calif., DigiScents, Inc. sedang meneliti tentang piranti aroma digital, yang disebut iSmell. Sebenarnya, mungkin saat kita menyebutkan tentang iSmell ke orang lain, mungkin memicu ejekan dari mereka. Namun, perusahaan tersebut berharap bahwa nama iSmell tersebut akan mampu menangkap perhatian konsumen dan mampu membantu penjualan alat ini yang didesain untuk mengirimkan aroma digital melalui komputer Anda.

Prototipe dari iSmell Personal Scent Synthesizer ini berbentuk seperti sirip ikan hiu, dan dihubungkan ke komputer Anda melalui USB port. Selain itu, piranti ini juga bisa dihubungkan ke alat elektrikal sehari-hari. Seperti inilah cara kerjanya :

1. DigiScents telah mendaftar ribuan aroma berdasarkan struktur kimia dan posisinya dalam spektrum aroma
2. Tiap aroma kemudian dikode dan diinput ke komputer menjadi sebuah file berukuran kecil
3. File digital tersebut kemudian bisa diletakkan di konten Web ataupun e-mail
4. Pemakai membuka file e-mail yang terkirim yang berisi aroma tersebut
5. Sejumlah kecil aroma dipancarkan dari piranti tersebut ke sekitar pemakai komputer

iSmell mampu membuat ribuan aroma sehari-hari dengan suatu "tinta" yang mengandung 128 aroma utama. Aroma utama ini kemudian dapat dicampurkan untuk membuat aroma lain yang hampir merupakan replikasi dari aroma yang sebenarnya. "Tinta" aroma, harus diganti secara berkala untuk menjaga akurasi dari aroma yang tercipta.

DigiScents telah membuat kerjasama dengan beberapa Web, media interaktif dan perusahaan Games untuk membawa aroma ke komputer Anda. Real Networks berencana untuk membuat software ScentStream milik DigiScents bisa tersedia ke lebih dari 115 juta pemakai RealPlayer. DigiScents belum mengumumkan kapan iSmell akan ada di pasaran ataupun berapa harganya.

SENX Scent Device

TriSenx berencana untuk bergerak selangkah lebih maju, dengan cara membuat pemakainya tidak hanya bisa mengunduh aroma, tetapi juga bisa mencetak rasa yang bisa dicicipi. The Savannah, Ga. telah mengembangkan suatu teknologi yang mampu membuat pemakainya mencetak aroma pada suatu kertas berserat tebal dan mencicipi rasanya dengan cara menjilat kertas yang terlapis dengan aroma tersebut.

Mesin SENX ini seperti printer biasa yang mampu memroduksi aroma berdasarkan data yang telah diprogram ke suatu halaman Web. SENX adalah singkatan dari Sensory Enhanced Net eXperience. Seperti iSmell, mesin SENX akan diaktivasi berdasarkan aksi dari pemakainya. Aroma disimpan dalam suatu tempat tinta dalam SENX. Tempat tinta ini memiliki 20 ruang, yang tiap-tiapnya berisi aroma. Ribuan aroma bisa dibuat dari tempat tinta 20 ruang dan 40 palet, yang berada terpisah.

SENX lebarnya 5.5 inci, panjangnya 8 inci, dan tingginya 2.5 inci. Pemakai bisa menghubungkan piranti tersebut ke komputer mereka, dan akan diberikan suplai energi dari baterai DC 6 volt yang bisa diisi ulang. TriSenx bahkan sudah menerima tawaran pembelian untuk mesin SENX mereka, yang berharga sekitar $269, sudah termasuk dengan SenxWare Scent Design Studio Software.

sumber : http://computer.howstuffworks.com/internet-odor1.htm

Nama : Asaf Zebulon
NIM : 13209021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar