Kamis, 19 Agustus 2010

INSANG BUATAN

Umat manusia bila meninggalkan oksigen bebas maka tak mampu mempertahankan eksistensinya. Untuk menyelam , udara terlebih dahulu harus dimampatkan ke dalam tabung, kalau terpakai habis maka harus naik ke tepi, tidak seperti cerita ikan duyung yang bisa hidup di daratan maupun menyelam di dasar laut. Namun, manusia dapat menciptakan insang buatan di masa depan sehingga berkelana di dasar lautan sudah bukan masalah lagi.

Fuji Systems, Jepang, membuat insang buatan dari membran silikon sehingga udara bisa menembusnya, tetapi tidak untuk cairan. Alat tersebut dapat memfilter oksigen masuk dari air dan juga membuang CO2 keluar, persis seperti insang ikan. Dan ternyata pada tahun 2002, ada penyelam yang berhasil mengenakan insang buatan dan mampu bertahan di dasar air selama 30 menit.

Namun, di dalam air laut hanya terdapat 1,5% oksigen, sedangkan oksigen yang disiapkan insang buatan terlalu sedikit sehingga tidak mencukupi kebutuhan nafas manusia. Ilmuwan Israel memakai baterai menggerakkan mesin sentrifugal berkecepatan tinggi, sesudah mengurangi tekanan air laut bisa membebaskan lebih banyak oksigen, tetapi bagi penyelam, walau tak perlu lagi membawa tabung oksigen, tetapi masih perlu menggendong aki dan alat pengukur pengurang tekanan.

(sumber : "http://semangatbelajar.com/tag/insang-buatan/")

Kontributor : Nopiga Pahala/13209035

Tidak ada komentar:

Posting Komentar