Kamis, 19 Agustus 2010

Masa depan? Doraemon?


Di masa depan tentu banyak hal yang kita inginkan agar lebih baik dan berkembang dari masa sekarang maupun sebelumnya. Mungkin melihat judul tulisan ini orang-orang akan berfikir bahwa tulisan ini hanya bercanda, isapan jempol bocah belaka. Bahkan untuk seorang mahasiswa, tulisan ini terlihat konyol. Namun jujur saja, begitu mendengar kata-kata 'teknologi masa depan', yang terlintas adalah tentang Doraemon si robot kucing yang punya kantong ajaib yang hidup di abad 22. Banyak alat-alat di dalam kantongnya yang bisa dibilang ajaib untuk ada di kehidupan nyata. Namun sebenarnya alat-alat itu bukanlah ajaib, hanya sulit membayangkannya jika alat-alat tersebut benar-benar ada di kehidupan nyata. Bagaimana menciptakan alat-alat tersebut? Bagaimana cara kerjanya sehingga bisa berfungsi seperti itu? Mesin waktu adalah salah satu alat ajaib Doraemon. Mesin waktu saja sudah ada yang menciptakannya. Kenapa yang lain tidak? Banyak alat--alat lain yang sebenarnya bisa direlisasikan.
Kantong Ajaib yang merupakan sebuah kantong 4 dimensi yang tertempel di perut Doraemon, kantong ini dapat menyimpan semua alat-alat Doraemon tanpa batas, bahkan semua barang-barang dikamar Nobita. Doraemon juga menyimpan sebuah kantong ajaib cadangan di lemari tempat ia tidur. Di lubang kantung ini terdapat sebuah alat pendeteksi imajinasi sehingga apabila ingin mengambil suatu alat, Doraemon akan membayangkan bentuk dari benda tersebut. Alat pendeteksi imajinasi akan mencari benda tersebut dan akan memberikannya ke tangannya.
Pintu ke Mana Saja yang merupakan pintu yang digunakan Doraemon untuk menuju ke tempat apa pun di waktu kapan pun. Namun, pintu ke mana saja memiliki batas data zaman tujuan.
Jendela ke Mana Saja merupakan jendela yang pernah digunakan Nobita untuk menuju ke tempat apa pun di waktu kapan pun. Namun, Jendela ke mana saja memiliki batas data zaman tujuan.
Baling-Baling Bambu yaitu Baling-baling kecil milik doraemon yang digunakan untuk terbang ke tempat yang dituju. Baling-baling bambu terbang dengan menggunakan tenaga baterai yang habis dalam 4 jam, namun dapat terisi ulang secara otomatis apabila diistirahatkan selama beberapa saat.
Konyaku Penerjemah yaitu makanan sejenis agar-agar tahu yang berguna untuk menerjemahkan bahasa lain. Jika dimakan, maka orang asing yang berbicara dengan kita akan mengerti perkataan kita, begitu pula sebaliknya.
Kue cap Momotaro yaitu kue yang digunakan untuk menjinakkan binatang. Seganas apapun binatangnya, akan berubah menjadi binatang jinak yang bisa ditunggangi bahkan diperintah. Kue cap Momotaro aman bila dimakan oleh manusia.
Senter Pengecil yang jika digunakan, benda yang disinarinya akan mengecil.
Sarung Tangan Super yang dapat meningkatkan kekuatan tangan orang yang memakainya, sehingga dapat mengangkat beban yang sangat berat atau digunakan sebagai senjata bila melawan musuh. Bekerja dengan prinsip gravitasi dan penyerapan berat benda.
Meriam Angin merupakan salah satu alat Doraemon yang berupa senjata. Dipakai bila menghadapi musuh. Kekuatannya tergantung oleh penggunanya dan memiliki baterai yang dapat habis bila terlalu sering dipakai.
Shock Gun yaitu sebuah pistol yang dapat mengeluarkan gelombang listrik yang kuat sehingga dapat membuat musuh pingsan.
Mantel Pengibas yang berfungsi untuk membelokkan apapun yang mengenai mantel ini
Lingkaran Penembus yang berbentuk seperti holahop ini berguna untuk menembus dinding ataupun benda yang menghalangi jalan.
Selimut Waktu yaitu kain yang dapat mengembalikan benda yang dibungkusnya kembali ke asalnya / ke wujud sebelumnya, dan masih banyakk alat-alat lain yang sulit disebutkan karena memang terlalu banyak.
Jujur saja sejak kecil saat saya menonton film ini, banyak hal maupun benda yang membuat saya terpukau sampai iri ingin mencapainya karena memang di luar akal sehat. Sejak saat itu pula saya memimpikan kehidupan seperti di abad 22 seperti yang diperlihatkan di serial tersebut. Walauu memang yang lebih sering diperlihatkan adalah kehidupan di masa sekarang (abad 21) Namun tetap saja melihat alat-alat dari kantong ajaib doraemon membuat saya ingin menciptakannya. Memang sulit dan harus diteliti terlebih dahulu karena memang cukup aneh di kehidupan nyata.
"Hidup hari ini dan bermimpilah untuk hari esok."

by Dora Sevmarmila
13209030

1 komentar:

  1. MAntab gAn, Nggak ada yg mustahil selagi kita yakin bisa......

    BalasHapus