Kamis, 19 Agustus 2010



SMART KITCHEN APPLIANCES (SKA)

Smart Kitchen Appliances, disingkat SKA, merupakan sebuah device atau lebih tepat disebut perabot yang membantu penggunanya dalam urusan masak-memasak. Alat ini berbentuk seperti tablet PC yang dilengkapi layar sentuh (touch screen) dan memory card slot dan USB port. Dalam penggunaannya sehari-hari, alat ini dapat ditempelkan pada kitchen set dirumah atau pada buffet di dapur, selain itu, SKA juga dilengkapi magnet pada bagian belakangnya untuk fleksibilitas apabila ingin ditempelkan pada lemari pendingin di dapur. Secara umum, alat ini berfungsi sebagai organizer atau pengatur segala hal yang berhubungan dengan masak-memasak. Alat ini memiliki bermacam-macam fitur yang dapat memudahkan penggunanya untuk memasak, fitur-fitur tersebut yaitu:

  • SKA dapat membantu mempersiapkan resep-resep apa saja yang akan dimasak. SKA dilengkapi dengan layar sentuh atau touch screen serta memory card slot. Data resep-resep yang akan disimpan di memory card tersebut sebelumnya dapat diunduh melalui internet atau sumber-sumber lain. Bahkan apabila pengguna memiliki resep kreasi pribadi, pengguna dapat memasukkan data resep pribadinya tersebut ke dalam memory card tersebut. Smart Kitchen Appliances ini dapat dibuat sedemikian rupa sehingga user friendly, menggunakan layar sentuhnya, para pengguna dapat dengan mudah mengakses data-data yang telah disimpan di memory card.
  • SKA sebagai ‘dokter gizi’ pribadi. SKA juga dilengkapi fitur yang dapat memaparkan kandungan-kandungan yang dimiliki oleh bahan makanan bahkan yang dimiliki oleh masakan yang telah dimasak. Hal ini memudahkan penggunanya untuk memasak apabila ada pantangan atau batasan kandungan dari bahan makanan tertentu. Misalnya sang pengguna akan memasak masakan untuk orang yang mengidap diabetes mellitus, maka SKA dapat ‘merekomendasikan’ resep-resep apa yang cocok, dengan kadar gula yang relatif lebih rendah, atau berapa kombinasi jumlah bahan makanan atau bumbu yang tepat agar tetap mempertahankan cita rasa serta aman untuk dikonsumsi oleh orang tersebut.
  • SKA sebagai PDA. Selain berfungsi dalam urusan masak-memasak, SKA dapat juga berfungsi sebagai PDA atau Personal Digital Assistant. Layaknya PDA biasa, SKA juga dapat menjalankan fitur-fitur seperti yang dimiliki oleh PDA pada umumnya.
Wisnu Aditomo
18109023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar