Kamis, 19 Agustus 2010

Tastetor

Manusia memiliki 5 indra penting, slah satunya adalah indera pengecap. Proses pengecapan adalah suatu proses untuk mengenali bahan kimia tertentu dan mendefinisikannya dalam suatu rasa. Sampai saat ini belum ada alat yang bisa mengenali rasa dengan spesifik untuk membantu proses pengecapan manusia, karena pada dasarnya apa yang dinilai manusia selalu subyektif, sehingga perlu adanya parameter yang bisa ditetapkan secara pasti untuk menilai rasa.

Kegunaan alat ini adalah untuk membantu manusia dalam menentukan parameter rasa dengan obyektif. Alat ini dapat membantu seorang tester makanan ataupun koki untuk mendapatkan rasa yang sama pada setiap masakan. Alat ini juga bisa sekaligus memberikan informasi nilai gizi pada makanan tersebut.

Alat ini dapat berupa tabung yang dapat dicelupkan dalam zat tertentu atau sebuah tabung yang menampung zat sampel yang kemudian dihubungkan pada sebuah monitor untuk memperlihatkan hasilnya. Dalam bentuk tabung alat ini kurang lebih berbentuk seperti termometer. Setelah sampel dimasukkan atau terkena sensor maka di monitor akan muncul tingkatan rasa, jenis rasa, dan nilai kadar gizi.


Antonius Daniswara

13209088

Tidak ada komentar:

Posting Komentar